Pemkot Sukabumi Sita Bahan Pangan Tak Layak Edar

Texasmamma.org – Jelang lebaran 2017 sering terjadi banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh penjual yang tak bertanggung jawab. Demi mendapatkan keuntungan mereka para pedagang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan untung yang lebih. Apalagi sekarang menjelang lebaran banyak barang dagangan yang sengaja dinaikkan secara drastis.

Pemkot Sukabumi mendatangi sejumlah pasar moderen dan tradisional yang ada di Sukabumi guna mengawasi peredaran bahan pangan menjelang Lebaran 2017. Tim Pengawas lebih awal memantau makanan di Pasar Gudang, Kecamatan Citamiang. Di tempat itu petugas membeli sejumlah sampel makanan yang menggunakan bahan pewarna.

“Kita bersama pengawas Dinkes melakukan pemantauan dan mengambil sampel bahan makanan di pasar tradisional dan modern. Tidak hanya yang berbahaya dan kedaluarsa kami juga mengecek apakah makanan itu halal atau tidak, hasilnya kita ketahui beberapa hari kedepan,” kata Hanafie, Rabu (14/6/2017).

Jika hasil pemeriksaan laboratorium ditemukan kandungan berbahaya, Hanafie memerintahkan produk makanan tersebut untuk ditarik dari peredaran. “Kita akan perintahkan tarik, karena dampaknya nanti yang akan dirugikan adalah masyarakat, untuk tindak lanjutnya kita akan koordinasi dengan aparat kepolisian,” ujarnya

Bukan hanya pengawasan, Hanafie menyebut, Pemkot Sukabumi terus memantau ketersediaan pangan menjelang hari raya Idul Fitri mendatang. Menurut dia, hingga kini ketersediaan maupun harga pangan di Kota Sukabumi masih stabil.

“Bahan pokok masih dalam kondisi aman harga-harga juga stabil, jadi belum ada rencana untuk operasi pasar. Untuk di kecamatan juga sudah ada pasar murah yang digelar, jadi hingga pekan ketiga Ramadan kondisi pangan masih aman,” tutur Hanafie.

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*