Pembeli Sepi Meski Harga Stabil

Texasmamma.org – Sudah memasuki pekan ketiga di bulan ramadhan ini artinya satu pekan lebaran akan datang. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini meski sudah memasuki pekan ketiga di bulan puasa harga bahan makanan masih dengan harga yang relatif stabil. Beda dengan tahun lalu, pada pekan kedua saja harga bahan makanan sudah melambung naik dengan tinggi.

Meski harga relatif masih stabil dengan hari biasa namun daya beli masyarakat masih rendah. Justru meski tahun lalu harga melambung naik pembeli sangat ramai. Meski stok cukup melimpah harga cabai di sejumlah pasar tradisional mengalami penurunan cukup tajam hingga 50 persen, jumlah pembeli cenderung sepi. Untuk cabai kriting di awal Ramadan sempat mengalami kenaikan hingga Rp 40 ribu perkilogram, kini berada di kisaran harga Rp 20 ribu perkilogram.

Kondisi tersebut tidak jauh berbeda dengan cabai rawit Rp 24 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp 40 ribu. “Untuk cabai stok dari pengepul melimpah, jadi tidak kekurangan kualitasnya juga bagus karena cuacanya cocok makanya berpengaruh ke turunnya harga. Sayangnya jumlah pembeli kurang,” kata H Eha Muchtar pedagang sayuran di Pasar Gudang Sukabumi, Rabu (14/6/2017).

Untuk harga bumbu dapur lainnya, seperti bawang putih kini berada di kisaran harga Rp 40 ribu perkilogram dan bawang merah Rp 28 ribu perkilogram. “Bawang merah sempat naik 40 ribu rupiah perkilogram sekarang harganya 28 ribu rupiah. Kentang naik menjadi 17 ribu rupiah dari sebelumnya 13 ribu rupiah,” tutur Eha.

Sementara itu, harga daging sapi juga cenderung standar yakni kisaran Rp 120 ribu. Menurut sejumlah pedagang, kendati tidak ada kenaikan harga, jumlah pembeli menurun.

“Prediksi kenaikan sama seperti tahun kemarin, yakni seminggu sebelum hari raya. Saat ini kondisi pembeli relatif sepi. Karena kebanyakan kebutuhan rumah tangga, konsumen memilih praktis dengan membeli daging matang untuk konsumsi rumahan,” kata Suhendi Soek (40) penjual daging di kawasan Pasar Cibadak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *