Saut Situmorang Harapkan KPK Dan Densus Antikorupsi Dapat Bersinergi

Texasmamma.orgĀ Indolucky7 – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menanggapi dengan positif keinginan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk membentuk Densus Antikorupsi. Saut Situmorang berkeinginan Densus Antikorupsi dan KPK dapat saling bekerja sama satu dengan lainnya.

“Kalau kita ikuti format-format di luar, bagaimana polisi, bagaimana jaksa dan badan antikorupsinya, mereka kan kerja sama, dalam hal keterbatasan, yang satu mengawasi, seperti kemarin beberapa case kita serahkan ke polda,” ungkap Saut.

Menurutnya, antarlembaga penegak hukum memang harusnya saling melengkapi untuk memusnahkan tindakan korupsi. Dia mengatakan bila antarlembaga penegak hukum tidak bekerja sama dan tidak satu jalan maka menjadi sela bagi para pelaku koruptor.

“Itu yang mungkin harus kita pahami. Ini complementary satu sama lain, musuhnya keenakan kalau kita semua berantem, iya dong,” katanya.

Karena hal itu, Saut berharap semua aparat penegak hukum untuk bersinergi antar satu sama lain.

“Makanya kalau ada ide, inovasi, rencana, ada keinginan mari kita bagi sama-sama. Kita duduk sama-sama, roadmap-nya seperti apa,” kata Saut mengenai Densus Antikorupsi.

Polri sudah mengajukan penambahan anggaran APBN 2017 sebesar Rp 975 miliar.. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pengoperasian Detasemen Khusus (Densus) Antikorupsi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengungkapkan tambahan anggaran tersebut diupayakan akan segera disetujui sehingga Densus Antikorupsi dapat mulai bekerja pada awal tahun 2018 nanti.

“Diupayakan 2017 bisa masuk, sehingga 2018 bisa segera kerja,” ingkap Rikhwanto di Mabes Polri.

Menurutnya, anggaran dana tersebut akan dipakai untuk mengoperasikan anggota Densus Antikorupsi yang ada di tingkat pusat sampai wilayah Polda.

“Itu untuk pekerjaan operasional di tingkat Mabes dan Polda. Belum fasilitas, masih operasional. Nanti pasti porsinya seimbang ya, tergantung indeks korupsi di tiap daerah,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *