Munas NU Tetapkan Fatwa Haram untuk Penyiaran Infotaiment

 

 

Texasmamma.org – Musyawarah Nasional Nahdlatul Ulama menetapkan fatwa haram untuk penyiaran yang membicarakan masalah pribadi atau gosip dan infotaiment. Sidang Komisi Bahtsul Masa’il Waqi’iyyah atau forum pembahasan masalah aktual NU membahas terkait penyiaran lewat frekuensi publik.

Fatwa haram yang ditujukan untuk menyiarkan kontek dakwah provokatif, penyebaran kebencian, kekerasan, membahas masalah pribadi, sinetron berkualitas buruk, serta infotaiment yang tidak mendidik.

Ketua Sidang Komisi KH Ishomudin mengungkapkan pada kesimpulan pembahasan bahwa frekuensi publik harus dipakai untuk kepentingan umum demi kebaikan dan menghindari kerusakan. Pemerintah dimohon untuk berperan dalam mengantisipasi penyalahgunaan frekuensi.

“Pemerintah harus mengambil tindakan secara berkala diawali dengan memberi teguran, lantas peringatan, bahkan pencabutan izin,” kata Ishomudin di Pondok Pesantren Darul Falah, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (24/11/2017).

Terdapat sekira puluhan peserta pada sidang tersebut sepakat bahwa hukum masalah tersebut merupakan haram dan tidak diperbolehkan secara fiqh.

“Haram karena secara nyata telah menyalahi norma-norma syariat dan perundangan negara,” kata Ishomudin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *