Keracunan Masal di Kampung Pasirhuni

Texasmamma.org – Botram atau biasa disebuat sebagai acara makan gudeg bersama oleh warga Sukabumi. Namun, acara makan gudeg bersama pada Jumat (29/12/2017) menjadi musibah bagi para warga di Kampung Pasirhuni, pasalnya belasan warga di kampung tersebut mengalami keracunan makanan.

“Mereka mengkonsumsi makanan gudeg nangka yang disajikan saat acara botram, selang sehari berikutnya atau sore tadi warga satu persatu mulai merasakan mual, muntah dan pusing bahkan ada yang tidak sadarkan diri,” ucap Ismail Wahyudi, relawan BPBD Kecamatan Cisaat, kepada wartawan, Jumat (29/12/2017).

Kercunan masal yang dialami warga disebabkan oleh salah satu sajian yang dibuat oleh seorang warga bersama menu yang lain. Untuk dugaan semantara penyebab keracunan adalah karena gudeg yang dimakan saat acara botram.

“Dugaan memang sumbernya (keracunan) dari gudeg nangka, namun masih dalam penyelidikan aparat kepolisian,” ucap Ismail.

Menurut data yang didapat dari RS Setukpa Polri, ada 14 warga yang menjalani perawatan. 9 warga sudah diberikan izin pulang setelah menjalani perawatan, namun 5 orang warga masih harus tetap di RS Setukpa Polri untuk tetap menjalani perawatan.

“Sempat mendapat perawatan di RS Setukpa Polri di Jalan Bhayangkara, dari 14 orang 9 sudah pulih kondisinya,” tambah Ismail.

Menyusul laporan terjadinya keracunan masal pihak kepolisian masih menyelidik apa penyebabnya. Untuk data warga yang mengalami keracunan diantaranya.

Data korban pulih:
1. Eros Mayanti
2. Jalaludin
3. Saepudin
4. Jaka Bambang
5. Suryani
6. Sinta
7. Kartini
8. Elah
9. Ai Hasanah

Data korban masih dirawat:
1. Didin
2. Dedih
3. Pupu
4. Mamat
5. Ipah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *