Mengenalkan Budaya Malang, SDN Permanu 3 Ajarkan Tari Bapang Muridnya

Texasmamma.org – Majunya perkembangan zaman yang banyak membawa pengaruh buruk bagi para generasi muda Indonesia membuat SDN Permanu 3 yang berletak di Pakisaji, Kabupaten Malang mengajarkan kepada para muridnya tentang seni tari warisan budaya Malangan.

Hal ini dilakukan menyusul kebijakan dari Kepala Sekolah SDN Permanu 3, Sanimin Hadi Subagyo. Bahkan tari Bapang harus bisa dikuasi oleh para muridnya, tidak hanya itu nantinya tari Bapang akan menjadi syarat kelulusan.

Tindakan ini sendiri dilakukan karena miris melihat generasi muda sekarang yang melupakan budaya, oleh karena itu SDN Permanu 3 mengambil langkah ini. Tari Bapang sendiri diadakan setiap Sabtu pagi di halaman sekolah.

“Tari Topeng Bapang dikenal dengan karya maestro Mbah Karimun, ini merupakan kesenian warisan yang wajib dikenalkan kepada anak didik untuk melestarikannya,” jelasnya Sanimin kepada wartawan.

Pendidikan ekskul tari Bapang diikuti semua pelajar mulai kelas 1 hingga 6. Mereka bersama-sama belajar menari di halaman sekolah. Kegiatan ini juga mengganti jadwal senam pelajar di hari itu.

“Ini dilakukan hanya di hari Sabtu saja, sebagai ganti senam rutin sebelumnya dilakukan,” tuturnya.

Kebijakan ini sendiri diakui sebagai langkah baik oleh Pembina Tari Topeng Bapang, Sucipto, dirinya juga setuhu jika tari Bapang masuk kedalam standar kelulusan.

“Tari Topeng Bapang untuk bisa dikuasai secara baik, harus dilatih secara rutin dan siswa mengikutinya tanpa alasan,” kata Sucipto terpisah.

Menurut Sucipto, pendidikan ekstra Tari Topeng Bapang, juga bisa mengenalkan warisab budaya kepada anak-anak, sekaligus melestarikannya.

“Anak-anak bisa mengetahui wilayah Pakisaji sejak dulu terkenal dengan Tari Topeng Bapang, dan mereka semua bisa menari, tidak hanya sekedar tahu,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *