Menyambut Asian Games 2018, Proyek Light Rail Transit di Percepat

Texasmamma.org – Proyek tranportasi yang akan menghubungkan akarta dengan kota-kota disekitarnya seperti Bekasi dan Bogor yang disebut dengan Light Rail Transit (LRT) sedang dalam proses pengerjaan. Dan untuk Light Rail Transit (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading dalam pengerjanya sedang mengalami percepatan demi agar bisa selesai sebelum gelaran Asian Games 2018.

Sebagai pihak yang bertanggunag jawab, PT Jakarta Propertindo diwakili oleh Direktur Utama, Satya Heragandhi mengungkapkan jika rangkaian kereta akan segera didatangkan dari Korea Selatan (Korsel) sekitar dua bulan lagi atau pada April mendatang.

“Bulan April, lebih cepat kayaknya. Tadinya April minggu ketiga. Ini kemungkinan April minggu pertama,” tutur Satya.

Proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading sendiri dikerjakan pada 1 Februari 2017 lalu dan akan dibangun 16 Gerbong Kereta LRT yang ditargetkan akan selesai pada Oktober 2018 mendatang.

Sampai bulan Juli nanti diperkirakan akan ada delapan rangkaian sudah bisa didatangkan dari Korea. Kedatangan dari rangkaian kereta ini akan bertahap satu persatu.

“Mereka janjikan untuk tiba pada bulan April itu ada dua. Nah sampai bulan Juni-Juli itu kalau enggak salah ada delapan (rangkaian),” jelasnya.

Untuk dana yang dikeluarkan untuk proyek ini lumayan banyak, pasalnya untuk satu gerbong kereta buatan Korsel tersebut berkisar US$ 1,8 juta atau sekitar Rp 239 miliar. Nantinya, satu rangkaian LRT terdiri dari dua hingga enam gerbong. Satu gerbong dapat menampung sekitar 130 orang.

“Untuk satu set, dua rangkaian (gerbong) bisa angkut dengan nyaman 270 orang. Itu dengan nyaman ya. Artinya dengan space yang cukup,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *