Kabupaten Jepara Diterjang Banjir dan Tanah Longsor

Texasmamma.org – Bencana banjir dan tanah longsor di beberapa lokasi di Kabupaten Jepara. Bencana ini terjadi setelah dalam beberapa hari terakhir hujan terus menerus mengguyur wilayah Kabupaten Jepara.

Menurut informasi yang beredar, banjir akibat curah hujan tinggi ini terjadi di Dukuh Tempur Desa Sunberejo, Kecamatan Dinorojo. Banjir mencapai tinggi 2 meter dan banyak merendam rumah warga.

Selain dari banjir, bencana tanah longsor juga menyerang Kecamatan Mayong, Jepara. Tercatat dua rumah ambruk akibat dari angin kencang dan tanah longsor. Dua rumah tersebut letaknya berbeda ada yang di Desa Bungu RT 4 RW 3 dan satu lagi di Desa Pancur RT 6 RW 2.

Terkait dengajn bancana banjir, Camat Dinorojo, Sutana menuturkan jika penyebabnya adalah akibat volume air dari sungai setempat yang naik kemudian meluap hingga kepemukiman warga.

“Ketinggian air mencapai dua meter, disebabkan air sungai meluap,” ujarnya.

Lebih lanjut, tim gabungan dari SAR dan TNI-Polri telah diterjunkan kelokasi kejadian untuk melakuakn proses pendataan lebih lanjut tentang korban.

“Belum diketahui berapa pasti jumlah rumah yang terendam banjir. Kami lakukan data, sekaligus untuk memastikan apakah harus mengungsi atau tidak. Tapi airnya sudah mulai surut,” jelasnya.

Sedangkan untuk bencana dari tanah longsor, Kapolsek Mayong, AKP Karman telah melakukan evakuasi di lokasi kejadian.

“Tidak ada korban jiwa. Hanya saja kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Saat ini, kami masih monitoring karena hujan masih turun,” tutur Karman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *