Mengantisipasi Jatuhnya Korban Longsor, Warga Banjarnegara Mengungsi

Texasmamma.org – Mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat bencana tanah longsor, ratusan warga Dusun Sawangan Desa Sirongge Kecamatan Pandanarum, Banjarnegara beramai-ramai mengungsi ke tampat aman.

“Ada sebanyak 382 jiwa warga yang mengungsi. Mereka mengungsi di rumah saudaranya ada juga yang sampai ke desa lain,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rahman.

Menurut penjelasan dari Arief Rahman, banyak warga yang takut dengan bencana tanah longsor dan merasa gelisah, hal ini dikarenakan dekatnya jarak tanah longsor dengan permukiman warga yang hanya berjarak sekitar 200 meter.

“Longsor terjadi pada Sabtu (10/2) malam. dan karena warga takut akan meluas sehingga mengungsi,” jelasnya.

Dari data yang telah diinformasikan setidaknya ada ratusan warga mengungsi di 8 titik pengungsian, seperti rumah kerabatnya yang dianggap aman. Namun, ada berita yang beredar jika dalam satu rumah dihuni 40-50 jiwa pengungsi.

“Tentu kalau dihuni sampai segitu banyak orang tidak layak. Rencananya akan disebarkan lagi agar lebih layak,” ucap dia.

Terkait hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara dan Dinsos dan PMI Banjarnegara sudah akan segera mengirimkan bantuan ke lokasi-lokasi pengunsian.

“Pelayanan kesehatan juga disediakan dan dikoordinasikan dengan Puskesmas setempat dibantu PMI,” ucapnya.

Menurut penuturan seorang warga yang bernama Sirongge Rukayah tanah disekitar rumahnya sudah mulai retak-retak ditambah lagi cuaca buruk yaitu hujan yang semakin sering terjadi.

“Di belakang rumah sudah ada retakan, saya langsung buru-buru mengungsi tidak sempat mengemasi barang-barang,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *